SITU GUNUNG SUKABUMI

info hotel terkini - travel tips - situ gunung sukabumi 

Situ Gunung Sukabumi 

Setelah jalan-jalan ke 5 tempat wisata di Pulau Seram. Kini kita akan jalan-jalan ke suatu Situ ( danau ) yang cantik di Sukabumi. Situ cantik ini bisa jadi pilihan Travelers untuk mengisi liburan bersama seluruh anggota keluarga, teman ataupun pasangan. Situ Gunung terletak di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ( TNGGP ), sekitar 15 km dari pusat kota Sukabumi. Rasakan atmosfer sejuknya pepohonan dan bukit hijau, serta udara bersih tak berpolusi yang terasa menyegarkan. Tersebutlah Situ Gunung Sukabumi. Yuk berpetualangan di Situ Gunung Sukabumi, seperti ane kutip dari blog pegipegi. 

MELIRIK KEINDAHAN DANAU SITU GUNUNG 
Kabarnya Situ Gunung adalah Situ buatan seorang bangsawan Mataram yang bernama Rangga Jagad Syahadana alias Mbah Jalun. Situ ini dibuat sebagai wujud syukur atas kelahiran anaknya. Nama Situ Gunung sendiri dipilih karena Situ ini ada di gunung. Jika dilihat dengan kasat mata pasti tidak ada yang menyangka kalau Situ Gunung ini adalah buatan. 

Perjalanan menuju Situ cantik ini bisa ditempuh dengan kendaraan. Setelah itu, dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 150 meter menuju Situ. 

Sesampainya disana, Travelers akan disambut kicauan burung yang merdu. Situ cantik ini pun terlihat makin eksotis karena dikelilingi hutan pinus dan bukit, sehingga suasananya terasa sejuk. Pantulan awan dan pepohonan dari air danau pun sukses mendamaikan suasana hati. 

BERKEMAH DI AREA DANAU SITU GUNUNG 
Berencana untuk menikmati momen indah ini lebih lama, tempat ini menyediakan tempat untuk menginap. Tapi, Travelers dilarang mendirikan tenda seenaknya dipinggir Situ. Ini karena untuk menjaga kebersihan dan keamanan. Sebagai solusinya, Situ Gunung menyediakan pelayanan kamar ala tenda di camping ground atau villa. Selain aman, Travelers juga bisa menyewa tenda beserta peralatannya di sini. 

Harga sewa 
- Tenda ukuran 6 orang Rp 70.000/hari 
- Matras Rp 3.000/buah 
Harga sewa sudah termasuk biaya bongkar dan pasang tenda ( harga sewa bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu ). 

Travelers juga bisa membuat api unggun dengan membeli kayu bakar lengkap dengan parafin sebagai bahan bakar. 

Area perkemahan Situ Gunung memiliki luas sekitar 5 ha beserta kamar mandi yang sudah dilengkapi air bersih. Buat Travelers yang tidak tertarik untuk kemping, disediakan juga villa yang bisa disewakan per malam. Selain itu, di kawasan wisata Situ Gunung juga terdapat warung makan, mushola, dan pusat informasi.

CURUG SAWER 
Tempat wisata yang berikut ini tidak kalah asyik dari Situ Gunung. Dikenal sebagai Curug Sawer, karena dulunya tempat ini menjadi lokasi untuk menggelar pesta rakyat dan tarian Jaipong bagi rakyat Sukabumi. Terdapat dua jalur untuk menuju Curug Sawer ketika Travelers memasuki gerbang kawasan Situ Gunung. 

Lewat kiri, Travelers akan melewati perkemahan Situ Gunung terlebih dahulu. Jalur dari perkemahan Situ Gunung menuju Curug Sawer cukup menantang karena turun naik di pinggir jurang. 

Sementara jalur kanan melewati perkemahan Cinumpang, relatif lebih ringan, bahkan Travelers bisa menggunakan jasa ojek. 

Tapi harap berhati-hati untuk Travelers yang tidak bisa berenang. Karena Curug Sawer memiliki kedalaman sekitar dua meter dan suhu airnya dingin sekali. 

HARGA TIKET MASUK 
- Harga tiket tidak berkemah Rp 11.000/orang/hari 
- Harga tiket jika berkemah Rp 12.500/orang/hari 
- Harga tiket rombongan minimal 10 orang Rp. 8.000/orang 
- Harga flying fox Rp 25.000/orang 
- Harga perahu sampan Rp 20.000/orang 

Note 
- Harga tiket dapat berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu 

TIPS PERJALANAN 
1. Jika Travelers ingin membawa kendaraan pribadi terutama roda empat, disarankan untuk tidak memakai mobil sedan. Beberapa jalur ke arah Situ Gunung rusak dan berbatu sehingga menyulitkan ketika memakai mobil sedan. Jangan lupa mencari jalur alternatif demi menghindari kemacetan 
2. Jalan kaki bisa jadi salah satu pilihan untuk Travelers yang ingin mengunjungi Situ Gunung dan Curug Sawer. Tapi tersedia jasa ojek yang siap mengantar ke Situ Gunung dan Curug Sawer 
3. Hati-hati terkena lintah! Jika sampai terkena lintah, nyalakan korek dan dekatkan, hingga lintah sampai merasa kepanasan dan melepaskan hisapannya 
4. Jangan lewatkan pemandangan matahari terbit dan terbenam di sekitar Situ. Jika Travelers berniat ingin mengabadikannya dalam bentuk foto, jangan lupa membawa lensa widedan tripod. Usahakan berkunjung di hari kerja agar situasi di Situ sepi 
5. Jaga keaslian habitat, jangan buang sampah sembarangan, dan tidak merusak obyek wisata yang ada 

Setelah asyik mengunjungi Situ Gunung dan Curug Sawer, jangan lewatkan juga untuk menjelajahi kota Sukabumi. 

Travelers bisa memesan semua akomodasi perjalanan via pegipegi.com 

Sumber gambar web liburmulu

tempat wisata di sukabumi