5 TEMPAT WISATA DI PULAU SERAM

info hotel terkini - travel tips - 5 tempat wisata di pulau seram 

5 Tempat Wisata Di Pulau Seram 

Jumpa lagi Travelers, bagaimana kabarnya? Insya Allah pada sehat semua. Terakhir ane posting tentang 5 hotel di ungaran, sekarang baru sempat posting lagi. Buat yang belum punya planning, ane ada coretan informasi yang sekiranya bisa jadi rekomendasi planning selanjutnya untuk Travelers. Yuk akh dimulai.... 

Tentunya Travelers tau Maluku? Ternyata di Provinsi Maluku ada tempat wisata yang begitu cantik yaitu Pulau Seram. Pulau ini memiliki luas 18.625 km persegi, panjang 340 km, dan lebar 60 km. Pulau Seram memiliki titik tertinggi, yaitu Gunung Binaiya yang memiliki tinggi 3.019 meter di atas permukaan laut. Selain memiliki alam pegunungan, Pulau Seram juga memiliki hutan tropis dan penghasil pala, cengkeh, damar, ikan, sagu, dan minyak. 

Pulau Seram juga memiliki 5 tempat wisata yang begitu eksotik. Seperti yang ane kutip dari blog pegipegi, kelima tempat wisata tersebut yaitu : 

1. TAMAN NASIONAL MANUSELA 
Taman Nasional Manusela memiliki luas sekitar 189.000 ha. Katanya, Taman Nasional Manusela merupakan daerah konservasi alam terindah di Indonesia. Berbagai macam aktivitas bisa Travelers lakukan di sana, misal panjat tebing, camping, hiking, snorkeling dan diving. Bagi yang ingin hiking, kawasan ini memiliki Gunung Binaiya, gunung tertinggi di Maluku. Gunung ini aman untuk didaki, tentunya dengan prosedur yang berlaku. Kawasan pesisir utaranya juga menyimpan pesona luar biasa. Berbagai jenis terumbu karang dan ekosistem laut yang indah bisa Travelers nikmati dengan snorkeling atau diving

Berbagai flora dan fauna khas Maluku juga terdapat di Taman Nasional ini. Untuk flora, di sana ada Eucalyptus, beringin, Bakau, ketapang, cemara laut, dan lain-lain. Sedangkan, fauna yang ada di sana antara lain burung-burung besar, seperti Kakatua, Kasuari, Nuri, dan Kasturi. Ada juga hewan-hewan semacam Kuskus, Rusa, Mapea, Musang dan sebagainya. Bahkan, keberadaan mereka dilindungi di bawah undang-undang yang melarang siapa pun untuk berburu di Taman Nasional Manusela. 

2. PULAU KASSA 
Pulau ini diberi nama Pulau Kassa, karena bentuknya menyerupai satu buah kacang tanah. Pulau Kassa memiliki terumbu karang, hutan pantai, dan mangrove. Di sana juga terdapat 70 jenis ikan, beberapa di antaranya adalah butterflyfish ( Chelmon rostratus dan Chaetodon sp ), parrotfish ( Bolbometopon muricatum dan Scarus sp ), black and white snapper ( Macolor niger ), surgeonfish ( Naso fageni dan N. Unicornis ), dan lain-lain. Hutan pantai di Pulau Kassa terdiri dari cemara laut ( Casuarina equisetifolia ), waru laut ( Hibiscus tiliaetus ) dan ketapang ( Terminalia cattapa ). Sedangkan hutan mangrove-nya dipenuhi bakau ( Rhizophora sp ). 


3. AIR TERJUN LUMOLI 
Air Terjun Lumoli adalah air terjun dengan posisi berundak-undak dengan tiga level tebing. Level pertama memiliki riak air yang turun dari atas dan terlihat jelas sekali kejernihan airnya. Banyak pengunjung yang tidak segan-segan terjun dari air terjun level pertama. Level kedua memiliki tebing yang lebih tinggi. Kalau di sana pengunjung lebih suka berendam. Kalau di level ketiga ( level tertinggi ), airnya tidak sederas di level kedua dan memiliki latar batu yang begitu besar. Travelers bisa menggunakannya untuk foto-foto. 

4. PULAU MARSEGU 
Pulau ini diberikan nama Marsegu karena memiliki kelelawar dalam jumlah besar. Kata Marsegu berasal dari bahasa daerah yang berarti kelelawar. Tapi, pulau ini nggak menyeramkan, kok. Soalnya, banyak keindahan yang bisa Travelers jumpai di sana. Selain kelelawar, banyak satwa yang bisa Travelers temui di sana, seperti Burung Gosong ( Megaphodius reinwardtii Maleo) dan Kepiting Kelapa ( Birgus latro ) atau yang bahasa daerahnya disebut “kepiting kenari”. Masih banyak satwa burung lain yang menjadikan pulau ini sebagai habitat makan, bermain dan tidur. Terumbu karang beraneka warna juga dapat Travelers temui di Pulau Marsegu. Jangan lupa untuk menikmati hidangan seafood segar yang bisa dibeli dari penduduk sekitar! 

5. PANTAI GUMUMAI 
Arti Gumumai dalam Bahasa Indonesia adalah mari berkumpul. Ketika zaman penjajahan Jepang, tempat ini selalu dijadikan sebagai tempat untuk melepaskan kepenatan bagi para pekerja setelah seharian menjalani romusa ( kerja paksa ). Sampai sekarang, Pantai Gumumai masih menjadi tempat untuk berkumpul. Travelers bisa menggelar tikar dan makan-makan di sana sambil menikmati deburan ombak laut. 

Nah, itulah 5 tempat wisata yang berada di Pulau Seram. Sayang banget kan kalau Travelers belum pernah mampir ke Pulau Seram! Makanya jadikan Pulau Seram untuk planning liburan selanjutnya. Untuk menuju Pulau Seram, tentunya Travelers harus transit dulu di Kota Ambon. Semua akomodasinya bisa Travelers pesan di pegipegi 

Semua foto ane gali dari blog pegipegi 

cari tempat wisata di pulau seram